Perbedaan Spoiler Mobil dan Wing yang Harus Diketahui Sebelum Memasangnya

Added by Tania Bae 23 days ago

Spoiler mobil merupakan salah satu komponen yang dapat mempengaruhi aerodinamika. Fungsinya sebagai penambah downforce atau tekanan pada bagian bawah mobil yang mengurangi gaya angka akibat adanya kecepatan tinggi saat mobil melaju. Gaya ini akan membuat mobil melayang dan menjadi tidak stabil ketika berada dalam kecepatan tinggi dan membuat pengemudi tidak mampu mengontrol keadaan mobil. Selain itu, fungsi adanya spoiler sebagai peningkat pengendalian mobil yang berdampak pada aerodinamis sehingga akan mempertahankan roda untuk menempel pada jalan.

Letak spoiler berada bagian belakang mobil, untuk mobil sedan terletak pada bagian atas bagasi, sedangkan untuk mobil tanpa bagasi belakang terletak pada bagian atap belakang. Pemasangan spoiler pada mobil harus seimbang dengan pemasangan spoiler yang terletak pada bagian depan dan samping. Jika pemasangan spoiler pada bagian belakang akan berpengaruh pada laju mobil yang tidak stabil dan tidak menentu arah saat melaju kencang. Biasanya spoiler bagian depan berada pada bagian bemper dan spoiler samping berada panel bawah pintu yang berada kedua sisi mobil.

Spoiler mobil yang dikembangkan dapat mencapai kecepatan 100 Km per jam yang membuat mobil dapat melaju kencang. Sebagai salah satu bagian penting dalam modifikasi dan dianggap sebagai produk aftermarket. Dalam memasang spoiler sebaiknya diperhatikan jika terdapat kesalahan akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang banyak dan membuat mobil menjadi boros. Saat memasang spoiler tempelkan spoiler diatas bagasi, dapat menggunakan spidol untuk menandainya, lubangi bodi sesuai dengan ukuran skrup. Haluskan ujung yang telah di lubangi, lalu gunakan kertas gosok untuk mengolesi pinggiran lubang. Setelah itu, tempelkan perekat double dan atur arah supaya kabel stop lamp dalam celah pintu. Selanjutnya, pengguna dapat menempelkan spoiler pada posisi sekrup yang tersedia dan jika sudah terpasang maka sudah dapat direkatkan.

Selain spoiler, terdapat istilah wing dalam dunia modifikasi mobil dan seringkali penggunaannya disamakan dengan spoiler. Meskipun keduanya merupakan aksesoris mobil tetapi keduanya memiliki perbedaan, berikut adalah perbedaannya:

- Umumnya spoiler digunakan mobil perkotaan dalam mengurangi efek melayang saat melaju dengan kecepatan tertentu dan dapat melaju pada kecepatan tinggi secara stabil, selain itu dapat menangkal debu maupun kotoran yang diakibatkan adanya turbulence udara pada bagian belakang mobil. Sedangkan wing digunakan untuk mobil dengan performa tinggi atau setara dengan mobil balap. Wing dirancang sesuai dengan mobil yang diproduksi sehingga akan memberikan bentuk yang berbeda dengan yang lainnya.
- Wing dipasang sesuai dengan lekuk bodi yang dapat memberikan aliran udara. Aksesori untuk mobil balap karena dapat menekan bagian belakang sehingga akan memberikan grip ke aspal sehingga mobil dapat melaju dengan kecepatan tinggi atau tikungan tajam.

Selain itu, wing yang terpasang pada mobil perkotaan menjadi tidak ideal karena memiliki bentuk yang cukup besar dan memberikan beban yang cukup besar pada mesin. Sedangkan spoiler memiliki bentuk yang kecil dan cocok untuk mobil yang digunakan sehari-hari. Sehingga penggunaan aksesori disesuaikan dengan jenis mobil supaya tidak memberikan kerugian.

Spoiler mobil terbuat dari bahan plastik yang memberikan sifat lentur dan ringan, sedangkan wing terbuat dari bahan karbon yang digunakan untuk modifikasi. Perbedaan lainnya adalah pemasangan spoiler dipasang sebagai aksesori tambahan sedangkan wing untuk aerodinamika mobil tanpa ada tambahan. Setelah mengetahui fungsi, cara pemasangan dan juga perbedaan spoiler dan wing maka pengguna mobil dapat memilih penggunaan spoiler untuk kenyamanan berkendara di perkotaan.

Referensi